10 Tempat Wisata di Brasil Selatan yang Paling Menakjubkan

10 Tempat Wisata di Brasil Selatan yang Paling Menakjubkan

Lama menjadi tempat liburan favorit bagi penduduk Brasil, Argentina, dan Paraguay, ujung selatan Brasil dengan cepat menjadi tujuan populer bagi pengunjung dari seluruh penjuru dunia. Dengan atraksi yang berkisar dari pantai yang masih asli dan air terjun yang menakjubkan hingga reruntuhan bersejarah dan museum modern, mudah untuk memahami daya tarik kawasan yang berkembang. Menjelajahi area yang relatif kecil ternyata juga mudah. Sebagian besar dihuni oleh orang-orang keturunan Eropa, sebagian besar tujuan di Brasil Selatan membanggakan standar hidup yang tinggi, infrastruktur yang kuat, dan industri perhotelan yang berkembang dengan baik. Dengan iklimnya yang sejuk, masakan yang lezat, dan aktivitas rekreasi yang berlimpah, Brasil Selatan merupakan tempat yang indah untuk menghabiskan liburan yang tak terlupakan.

1. Porto Alegre

Ibukota negara bagian Rio Grande do Sul, Porto Alegre terletak di sepanjang tepi muara Guaiba di mana lima sungai mengalir ke laguna air tawar raksasa. Metropolis besar adalah salah satu yang makmur di Brasil, dan juga salah satu kota yang paling kaya budaya. Dengan koleksi foto dan artefak arkeologi yang luas, Museum Joaquim José Felizardo wajib dikunjungi oleh setiap pengunjung yang tertarik dengan masa lalu kota yang bersejarah. Sayangnya, tingkat kejahatan di kota memprihatinkan dan kawasan pusat kota jelas kumuh, bahkan di siang hari.

2. Balneario Camboriu

Terletak di perbukitan curam di pantai negara bagian Santa Catarina, Balneário Cambori adalah salah satu resor pantai paling populer di Brasil Selatan. Sering dibandingkan dengan Copacabana, kota ini memiliki barisan panjang hotel bertingkat tinggi, klub dan bar yang membentang di sepanjang garis pantai yang melengkung. Seperti Rio de Janeiro, Balneário Cambori memiliki patung Kristus berskala besar yang berdiri di atas bukit yang menghadap ke kota. Sebuah kompleks dengan restoran, toko, dan taman bermain berkerumun di sekitar dasar patung setinggi 10 lantai. Terkenal dengan kehidupan malamnya yang semarak, Balneário Cambori juga menawarkan atraksi ramah keluarga, termasuk kebun binatang, akuarium, dan kebun raya.

Baca Juga:  5 Aktivitas Menarik Dilakukan di Hong Kong Disneyland

3. Sao Miguel das Missoes

Terletak di negara bagian Rio Grande do Sul, kota kecil São Miguel das Misses adalah rumah bagi sisa misi abad ke-17 dengan nama yang sama. Reruntuhan yang indah adalah yang paling terpelihara dari tujuh misi Jesuit yang dibangun di tanah Guaranis selama abad ke-17 dan ke-18, untuk mengubah penduduk asli menjadi Kristen. Sekarang dilindungi sebagai bagian dari taman bersejarah, São Miguel dihargai karena keindahan sekitarnya serta gaya arsitektur misi yang anggun. Patung yang digali dalam penggalian arkeologi dipajang di Mission Museum di dekatnya, yang dirancang oleh arsitek terkenal Brasilia Lucío Costa.

4. Blumenau

Terletak di negara bagian Santa Catarina, Blumenau sebagian besar dihuni oleh orang Jerman pada tahun 1800-an, dan suasana Bavaria masa lalunya masih menjadi daya tarik utama. Oktoberfest di kota ini adalah yang terbesar di Brasil, dipenuhi dengan pesta jalanan sambil minum bir yang menyaingi Karnaval Rio de Janeiro. Namun, masakan dan arsitektur Blumenau yang terinspirasi dari Jerman, menarik wisatawan sepanjang tahun. Bangunan setengah kayu yang menawan berlimpah di distrik bersejarah Vila Germânica kuno tempat band Jerman bermain dan tempat makan menyajikan segalanya, mulai dari hot dog hingga daging babi asap dan ham hock.

5. Aparados da Serra National Park

Meliputi petak luas tanah di sepanjang perbatasan antara negara bagian Rio Grande do Sul dan Santa Catarina, taman nasional pertama Brasil didirikan untuk melindungi ngarai spektakuler di kawasan itu. Itaimbezinho yang mempesona adalah daya tarik utama taman ini. Berjalan kaki singkat dari pusat pengunjung mengarah ke tepi ngarai ini, menawarkan pemandangan air terjun musiman yang terjun ke lembah yang dalam di bawah. Selama musim kemarau, petualang tangguh dapat menyewa pemandu profesional dan menghabiskan sepanjang hari berjalan-jalan di sepanjang dasar sungai yang mengalir melalui dasar ngarai.

Baca Juga:  Antelope Canyon, Destinasi Wisata Populer di Amerika Serikat

6. Curitiba

Ibu kota negara bagian Paraná dan kota terbesarnya, Curitiba adalah titik awal untuk tamasya di daerah tersebut dan kota yang layak untuk dijelajahi. Dengan sistem transportasi umum yang luas, zona khusus pejalan kaki dan banyaknya ruang hijau, Curitiba dianggap sebagai model kelestarian lingkungan. Curitiba membanggakan arsitektur bersejarah yang telah dipugar seperti Balai Kota Tua dan bangunan kolonial Largo da Ordem. Untuk menikmati keindahan alam, kunjungi Botanical Garden di mana Anda dapat berjalan-jalan melalui rumah kaca seperti istana, taman Prancis labirin, dan Botanical Museum.

7. Ilha do Mel

Garis pantai Brasil Selatan memiliki ratusan pantai yang indah, tetapi hanya sedikit yang bisa dibandingkan dengan hamparan pasir murni yang ditemukan di Ilha do Mel. Berkat penunjukannya sebagai zona yang dilindungi secara ekologis, pulau yang terletak di lepas pantai negara bagian Paraná ini tetap tak tersentuh oleh perkembangan modern. Mobil tidak diperbolehkan di Ilha do Mel, tetapi pulau ini dilintasi oleh jaringan jalan setapak dan jalan setapak. Jumlah pengunjung harian juga terbatas, memastikan bahwa setiap orang menikmati pengalaman yang tidak ramai. Saat tidak berjemur, berenang, atau berselancar, mercusuar yang indah, gua, dan benteng Portugis abad ke-18 yang terletak di pulau mengundang penjelajahan.

8. Morretes

Terletak di tepi sungai Rio Nhundiaquara di negara bagian Paraná, Morretes menawarkan kepada pengunjung pemandangan indah kehidupan di Brasil Selatan kolonial. Banyak dari struktur yang dibangun di sini selama 1700-an sebagian besar tetap utuh, terutama di sepanjang jalan berbatu yang sejajar dengan sungai. Kota kolonial ini terkenal dengan restorannya dan barreado hidangan lokalnya, sup daging lezat yang dimasak dalam pot keramik. Morretes sering dikunjungi sebagai jalur samping dari Curitiba, dan tur Kereta Api Paranagua-Curitiba yang populer juga melewati kota.

Baca Juga:  7 Museum Terbaik di Shanghai yang Harus Anda Kunjungi

9. Florianopolis

Didirikan sebagai kota pelabuhan oleh Portugis pada tahun 1700-an, Florianópolis terkenal saat ini karena pulau Santa Catarina yang indah yang terletak di dalam batas kota. Lebih dari 40 pantai berpasir berada di tepi pulau resor ini, menawarkan kesempatan tak terbatas untuk olahraga air mulai dari selancar dan scuba diving hingga parasailing dan sand-boarding. Terhubung ke laut melalui kanal, Lagoa da Conceição juga merupakan tujuan populer. Pemandangan yang indah membuat laguna air asin yang besar menjadi tempat yang sempurna untuk berjalan-jalan santai. Restoran, toko, dan tempat hiburan malam terbaik di pulau ini juga dapat ditemukan di area kelas atas ini.

10. Foz do Iguacu

Kunjungan ke Brasil Selatan tidak lengkap tanpa kunjungan ke Air Terjun Iguaçu yang megah yang terletak di titik pertemuan perbatasan Brasil, Argentina, dan Paraguay. Terletak hanya berkendara singkat dari Foz do Iguaçu, kota terdekat, air terjun raksasa telah digambarkan sebagai “Niagra di Viagra.” Tergantung pada musimnya, antara 275 dan 350 air terjun berjatuhan bersama-sama dalam riam berjenjang di atas tebing curam dengan gemuruh yang menggelegar. Jalur pendakian menawarkan pemandangan panorama air terjun dan pemandangan hutan rimbun dari dekat yang dialiri oleh semburan konstan. Naik perahu membawa penumpang yang mencari sensasi di dekat dasar beberapa air terjun.