10 Tempat Wisata di Portugal Selatan yang Paling Menakjubkan

10 Tempat Wisata di Portugal Selatan yang Paling Menakjubkan

Dengan pantainya yang indah dan cuaca yang hangat dan cerah, Algarve adalah tujuan liburan paling populer di Portugal. Dari resor tepi laut yang ramai dengan aktivitas hingga hamparan pasir terpencil yang sempurna untuk relaksasi, wilayah paling selatan Portugal adalah tempat yang ideal bagi siapa pun yang merencanakan liburan pantai. Dengan bangunan bercat putih dan distrik kota tua yang kuno, desa-desa pedalaman Algarve juga merupakan tempat yang menawan untuk dikunjungi.

1. Alvor

Terletak di sungai yang sama dengan namanya, Alvor menawarkan semua yang dicari wisatawan saat berlibur di Algarve, mulai dari pemandangan bersejarah dan pantai yang indah hingga bar dan restoran seafood yang ramah. Kawasan Kota Tua di desa nelayan kuno ini menawarkan gereja abad ke-16 dengan elemen maritim yang diukir di pintu dan pilarnya.

Jalan setapak kayu yang baru dibangun di sepanjang lahan basah Sungai Alvor adalah impian para pengamat burung, memberikan pemandangan intim spesies penduduk dan migrasi. Ketika datang untuk bersenang-senang di bawah sinar matahari, pantai Alvor yang cocok untuk semua orang berkisar dari teluk terlindung dengan formasi batuan yang menarik hingga untaian luas yang didukung oleh bukit pasir yang berangin.

2. Faro

Kota utama di Algarve, Faro menawarkan kepada pengunjung kombinasi sempurna antara fasilitas modern dan keindahan alam. Peluang belanja, bersantap, dan hiburan berlimpah, dan taman yang indah serta ruang terbuka memberikan kantong relaksasi di seluruh kota. Ada bagian Kota Tua yang cantik di Faro yang layak untuk dijelajahi juga.

Daya tarik bintang Faro, bagaimanapun, adalah Taman Alam Ria Forma, serangkaian pulau penghalang kecil dan semenanjung di mana sebagian besar pantai kota berada. Cagar alam adalah tempat yang populer untuk kegiatan seperti mengamati burung, hiking dan kayak juga.

3. Tavira

Terletak di mana Sungai Gilão yang luas mengalir ke Samudra Atlantik, Tavira adalah salah satu kota terindah di Algarve timur. Mansion dan townhouse putih abad ke-18 yang berjajar di tepi sungai memberi Tavira aura keanggunan yang pudar, menciptakan latar belakang yang ideal untuk jalan-jalan santai di tepi pantai dan bersantap di udara terbuka.

Sebuah kota pelabuhan penting hingga abad ke-17, Tavira adalah rumah bagi lusinan gereja bersejarah, termasuk Santa Maria do Castelo, yang berasal dari abad ke-13. Pantai utama kota ini terletak di lepas pantai Ilha da Tavira. Naik feri setiap hari menyediakan akses mudah ke pantai berpasir yang datar di pulau penghalang.

4. Odeceixe

Terletak di lereng bukit di perbatasan barat laut Algarve yang terpencil, Odeceixe adalah kota kecil yang terkenal dengan pantainya yang sangat indah. Terletak di antara tebing rendah, Praia de Odeceixe adalah pantai terlindung dengan sungai dangkal yang melintasi pasir dan mengalir ke Samudra Atlantik.

Pantai adalah tempat yang populer untuk berselancar, dan ada sekolah selancar lokal yang menawarkan pelajaran untuk anak-anak dan orang dewasa. Dengan restoran yang menyajikan hidangan tradisional seperti makanan laut segar dan domba panggang, bersantap dengan masakan lokal pasti akan menjadi sorotan yang tak terlupakan dari kunjungan Anda ke Odeceixe juga.

5. Sagres

Terletak di ujung barat daya Portugal dan benua Eropa, Sagres adalah kota pelabuhan kecil yang paling dikenal sebagai tempat tinggal Pangeran Henry sang Navigator saat mendirikan sekolah bahari legendarisnya di abad ke-15.

Saat ini, sekolah selancar, tebing yang mengesankan, dan pantai yang indahlah yang paling menarik pengunjung ke Sagres. Praia da Baleeria bisa dibilang yang paling indah, meskipun pantainya yang berkerikil bukanlah tempat terbaik untuk berjemur. Hamparan pasir terpanjang adalah Praia do Martinhal, pantai cantik yang dianggap sebagai salah satu rahasia terbaik di Algarve.

6. Praia da Rocha

Untuk ukurannya yang mengesankan dan keindahan yang tak terbantahkan, Praia da Rocha adalah salah satu pantai paling populer di Algarve. Terletak di bagian selatan kota Portimão, hamparan pasir putih yang luas didukung oleh tebing berbatu yang dramatis dengan hotel, bar, dan restoran bertingkat tinggi.

Beberapa tempat makan juga terletak di jalan kayu yang membentang di sepanjang Praia da Rocha. Dapat diakses melalui tangga yang diukir di sisi tebing, Fortaleza de Santa Catarina abad ke-17 di ujung timur pantai menawarkan pemandangan pantai, marina, dan Samudra Atlantik.

7. Silves

Kota pedalaman Silves yang terletak di timur laut Portimo menawarkan pandangan sekilas yang menarik tentang masa lalu budaya Portugal. Dibangun di sepanjang tepi Sungai Arade yang saat itu dapat dilayari, kota ini adalah ibu kota Moor di Algarve sampai pasukan Kristen menaklukkannya pada tahun 1249.

Dibangun dengan batu pasir merah, Castelo dos Mouros adalah kastil di puncak bukit tempat Anda dapat berjalan di sepanjang benteng berbatu dan membayangkan seperti apa kehidupan di Portugal seribu tahun yang lalu. Ini juga merupakan tempat yang bagus untuk menikmati pemandangan desa bercat putih dan pedesaan sekitarnya di Portugal Selatan. Museum terdekat menampilkan keramik dan tembikar yang digali dari situs arkeologi lokal.

8. Albufeira

Salah satu kota Moor terakhir di Portugal Selatan yang jatuh ke tangan orang Kristen pada abad ke-13, Albufeira hampir menghilang dalam sejarah sampai ditemukan kembali pada 1960-an sebagai tempat yang bagus untuk menghabiskan liburan pantai. Saat ini, Albufeira memiliki dua tempat wisata populer: kawasan Kota Tua yang indah dan area Avenida Francisco Sá Carneiro yang dikenal sebagai “The Strip”.

Kedua distrik memiliki banyak bar, klub, dan restoran, menjadikan Albufeira surga bagi pengunjung pesta. Pantai kota, atau Praia dos Pescadores, masih menampung para nelayan yang membawa hasil tangkapan mereka hari ini dan juga berfungsi sebagai titik keberangkatan untuk wisata scuba diving.

9. Lagos

Terletak di pantai barat daya Algarve yang berangin, Lagos adalah kota maritim kuno yang saat ini terkenal dengan pantainya yang indah seperti halnya masa lalunya yang bertingkat. Teluk berpasir yang dibingkai oleh formasi batuan menjadikan Lagos tujuan ideal bagi pecinta matahari yang mencari kesunyian. Pantai besar seperti Meia Praia yang berbentuk bulan sabit sangat cocok untuk berenang dan selancar angin.

Dari interior berlapis emas gereja Igreja de Santo António abad ke-18 hingga menara pengawas Castelo dos Governadores yang bergaya barok, pemandangan bersejarah kota ini juga tak kalah mengesankan. Dengan tembok abad ke-15 dan jalanan berbatu, kawasan Kota Tua juga merupakan atraksi yang harus dilihat.

10. Praia da Marinha

Terletak di antara Portimão dan Albufeira, Praia da Marinha secara luas dianggap sebagai salah satu pantai terindah di Algarve. Fakta bahwa pantai ini hanya dapat dicapai dengan serangkaian anak tangga yang menanjak curam menuruni tebing kapur membuatnya kurang ramai dibandingkan pantai lain di daerah tersebut.

Formasi batuan yang terletak di sepanjang garis pantai tidak hanya mencolok secara visual tetapi juga menyediakan lingkungan laut yang sempurna untuk petualangan snorkeling. Perairan yang sangat tenang membuat pantai ini ideal untuk berenang. Kegiatan lain di Praia da Marinha termasuk perjalanan perahu ke gua-gua yang terletak di dekatnya.